header-int

Hari Olahraga Nasional

Senin, 22 Mar 2021, 09:14:05 WIB - 2426 View
Share
Hari Olahraga Nasional

9 Septemner diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas). Tahun 2020 adalah Haornas edisi ke-37. Puluhan prestasi olahraga telah dicapai Indonesia hingga saat ini.

Hari Olahraga Nasional 2020 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga juga diharapkan menjadi titik awal implementasi sport science dalam olahraga nasional.

Berikut sejumlah fakta dan sejarah mengenai Hari Olahraga Nasional:

1. Haornas diperingati setiap 9 September

Semula, 9 September merupakan tanggal pertama kali Pekan Olahraga Nasional (PON) diadakan di Indonesia pasca-kemerdekaan. Kali pertama kala itu, PON diadakan di Surakarta (Solo), Jawa Tengah, pada 1948. Nah kelak, tanggal inilah yang dipakai untuk memperingati Haornas tiap tahunnya.

PON pertama tersebut diikuti lebih kurang 600 atlet yang turun ke sembilan cabang olahraga. Kala itu, Karesidenan Surakarta keluar sebagai juara dengan raihan 36 medali.

2. PON pertama diadakan sebab Indonesia gagal ikut Olimpiade

Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) dibantu Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) kala itu mempersiapkan para atlet untuk mengikuti Olimpiade musim panas di London pada 1948.

Sayangnya, usaha kedua lembaga tersebut menemui banyak hambatan termasuk belum diakui sebagai anggota International Olympic Committee (IOC). Tak hanya itu, sejumlah delegasi Indonesia juga tidak dapat berangkat ke Inggris karena belum diakui paspornya oleh pemerintah Inggris.

3. Haornas ditetapkan pertama kali oleh Presiden Soeharto

Meski PON pertama pada 9 September diresmikan oleh Presiden Sukarno, namun demikian, baru pada 1983 tepatnya, tanggal 9 September akhirnya ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional oleh Presiden Soeharto.

Sejak saat itu, Hari Olahraga Nasional secara resmi diperingati pertama kali pada 9 September 1983. Dan jika dihitung dari tanggal diresmikannya, berarti Haornas tahun ini merupakan Haornas ke-37 sepanjang sejarah.

4. Kegiatan Haornas

Hari Olahraga Nasional biasa diperingati dengan semarak di Indonesia. Pada 2019, Haornas diperingati dengan perayaan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Selain itu, setiap tahunnya akan ada sejumlah penghargaan yang diberikan oleh Kemenpora terhadap pihak-pihak yang dianggap memberikan kontribusi bagi olahraga nasional.

5. Haornas 2020 bertema sport science

Hari Olahraga Nasional 2020 di tahun ini tentunya akan berlangsung sedikit berbeda. Diperingati hari ini, Haornas 2020 berlangsung di tengah pandemik COVID-19 yang masih mewabah secara global termasuk di Tanah Air.

Tahun 2020, Kemenpora mengusung tema sport science sebagai tema besar Haornas. Sejumlah kegiatan dan lomba secara visual telah diadakan, bahkan acara pra-Haornas sudah digelar sejak 1 Februari lalu.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sendiri mengajak masyarakat untuk menjadikan momentum Haornas tidak hanya perihal kebugaran, namun juga mendorong prestasi olahraga dengan dukungan sport science dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui sport tourism dan sport industry.

Unidha SMK PUI Jatibarang merupakan salah satu SMK di Indramayu yang berdiri pada tahun 1987 berlokasi di Jalan Letnan Joni No. 19 Jatibarang. SMK PUI Jatibarang awalnya bernama STM PUI Jatibarang dengan jurusan perdananya adalah Teknik Otomotif dan sekarang sudah mempunyai 3 Program Keahlian. Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan, Program Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor, Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, dan Menjadi SMK Rujukan tahun 2019
© 2024 SMK PUI Jatibarang Follow SMK PUI Jatibarang : Facebook Twitter Linked Youtube